LAB BAHASA, IPA & KOMPUTER PDF Cetak E-mail
Wednesday, 05 August 2009

LABORATORIUM BAHASA



Pengenalan suatu bahasa idealnya dimulai sejak usia dini, sebagaimana seseorang menguasai Bahasa Ibu, sehingga kemampuan berbahasa seseorang akan relatif sempurna, khususnya dari segi bicara dan mendengar. Permasalahan muncul ketika seseorang harus belajar bahasa yang lain (asing) di usia yang cukup dewasa, usia SMP misalnya, maka seorang siswa akan dihadapkan pada banyak hal, antara lain: Harus banyak menghafal kosa kata, mengucapkan kata dengan Intonasi dan artikulasinya, mendengarkan, ditambah lagi dengan tuntutan akademis untuk mempelajari tata bahasa dalam waktu yang relatif pendek (sesuai dengan kurikulum). Hal ini tidak akan berhasil dengan baik tanpa ditunjang oleh guru-guru yang profesional di bidangnya dan fasilitas Lab Bahasa yang memadai.

SMP Negeri 1 Babat sudah mengantisipasi permasalah di atas, dengan memiliki dua Lab Bahasa yang cukup representatif dengan fasilitas peralatan Elektronik Audio Visual, Unit Komputer, Air Conditioner, dengan guru-guru pembina yang cukup handal.

Ada empat bahasa yang di pelajari di SMP Negeri 1 Babat, yaitu: Bahasa Indonesia (Nasional), Bahasa Jawa (Daerah) dan dua bahasa asing yaitu Bahasa Inggris dan Mandarin. Bahasa Mandarin diajarkan dalam program Pengembangan Diri yang dilaksanakan setiap hari Jum'at.

Image

Ruang Lab bahasa yang Representatif

 

PEMBINA LAB BAHASA ........ Zaenal Arifin, S.Pd

 

 

LABORATORIUM IPA



"Ah Teori....!!!", bisa saja kalimat tersebut masih relevan di sekolah tertentu tetapi jelas tidak berlaku sama sekali di SMP Negeri 1 Babat. Ruang Lab IPA dengan peralatan penunjang praktek untuk pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi tersedia cukup memadai. Dengan Laboran dan Guru-guru yang Profesional, Lab IPA tak pernah sepi dari Kegiatan Praktek siswa-siswi SMP Negeri 1 Babat. Tersedia juga Mini Green House untuk menunjang Kegiatan Praktek Biologi.

Image

 Suasana Praktek di Lab IPA

Image

Aktivitas di Mini Green House

LABORAN DAN PEMBINA LAB IPA ........ Drs. Zaenal Muttaqin

 

 

LABORATORIUM KOMPUTER


 

Lab Komputer SMP Negeri 1 Babat telah mengalami proses "evolusi" beberapa kali, dimulai dari era tahun 90an ketika masih
menggunakan Prosessor generasi 386/486 dengan frekuensi 33, 66 dan 100 MHz dan masih menggunakan media penyimpan satu-satunya, yaitu Floppy Disk dengan Basis Operasi DOS (Dos Operating System). Betapa ribetnya saat itu, untuk mengoperasikan sebuah Komputer kita harus menghafalkan banyak Hot Key.

Maklum, karena saat itu bahasa Komputer masih belum sepenuhnya berkelas tinggi. Tetapi semua tergantung niatnya, kalau mau belajar, apapun tantangannya, rawe-rawe rantas, malang-malang tuntas.

Lab Komputer SMP Negeri 1 babat maju selangkah dengan adanya upgrade total menggunakan Komputer dengan Prosessor Pentium II MX 200 MHz Multimedia dengan Basis Operasi Windows. Upgrade selanjutnya menggunakan Pentium III 500 MHz. Dan yang terakhir mendapat droping Komputer dengan CPU Intel Dual Core 1.8 GHz.

Image

Di ruang ini diajarkan berbagai Paket Program, Ms Office ( Ms Word, Ms. Exel, Ms. Power Point), Corel draw dan Adobe Photoshop.


INTERNET DAN HOTSPOT

Sampai saat ini, SMP Negeri 1 Babat telah memiliki dua ruang Lab Komputer, dengan LAN yang terhubung ke Internet menggunakan Telkom Speedy Unlimited Packet. Jaringan yang ada telah dilengkapi dengan Hotspot yang dapat diakses disekitar gedung SMP Negeri 1 Babat dengan sistem WiFi.

 

PEMBINA LAB KOMPUTER ... Mustaji, S.Pd

 

 

 

 
Design by Tim PUSKOM SMPN 1 Babat & Feedback © 2008 | Powered by Joomla! released under the GNU/GPL License