BK & KETERTIBAN PDF Cetak E-mail
Sunday, 09 August 2009

BIMBINGAN DAN KONSELING

( B K )


Keberadaan BK boleh dikatakan sama dengan keberadaan UKS, tetapi beda obyek yang ditangani. UKS memberikan bantuan solusi kesehatan yang bersifat fisik, BK memberikan nasehat-nasehat dan solusi alternatif bagi siswa yang mengalami/memiliki problem pribadi, yang jika tak mendapat bantuan akan dapat menghambat perkembangan siswa dalam menerima pelajaran dan terganggu mentalnya. Pembina BK secara terus-menerus melaksanakan tugas-tugas Bimbingan dan Konseling, baik di ruang BK maupun di kelas-kelas dan pada setiap kesempatan yang lain, misalnya pada even MOS.

Image

Salah seorang guru BK, Drs. Basuki Wijaya dalam satu kesempatan, memberikan penyuluhan tentang dampak buruk narkoba bagi perkembangan jiwa dan kehidupan

 

PEMBINA BK


 1. Drs. Wahib Sudja'i, S.Pd, M. Pd
 2. Drs. Basuki Widjaya
 3. H. Ahmad Wahib, S.Pd
 4. Drs. H. April Susilo
 5. Sunarti, S.Pd
 6. Meiyana Orbayanti, S.Pd
 
 Bag. Administrasi :  Nining Susanti, S.Pd

 

 


 
KETERTIBAN
 

Kata Ketertiban sudah tak asing lagi di telinga siswa SMP Negeri 1 babat, terutama bagi siswa yang suka melanggar Tata Tertib Sekolah.

Wadah Ketertiban dibentuk untuk menjaga kedisiplinan siswa, menegakkan tatatertib sekolah yang berlaku. atau istilah kerennya Lembaga Law Enforcement di lingkungan sekolah.

Ketertiban Sekolah memberikan penilaian setiap hari kepada siswa berkaitan dengan 2 hal yang dilakukan siswa, yaitu Pelanggaran dan Prestasi siswa. Penilaian dilakukan dengan menggunakan parameter yang jelas, berupa Skor Penilaian. Skor Min (Negatif) bagi yang melakukan pelanggaran dan Skor Plus (Positif) bagi siswa yang berprestasi.

Skor Penilaian dituangkan secara rinci dalam sebuah buku penilaian non akademis yang dikenal siswa dengan nama Buku Kuning.

Image

Buku Kuning / Buku Penilaian Non Akademis

Isi Pokok Buku Kuning

 1. data Pribadi siswa
 2. Tata Tertib Siswa
 3. Kriteria Kenaikan Kelas dari sisi Non akademis
 4. Pedoman Penilaian Non Akademis
     - Pelanggaran Ringan dan Sedang
     - Pelanggaran Berat
     - Prestasi Siswa dan Penghargaan

Berdasarkan Buku kuning, Kenaikan kelas tidak hanya di tentukan oleh nilai akademis semata, melainkan juga dipertimbangkan dari sisi non akademis yang bersumber dari prilaku siswa. Tepat kiranya kalau dikaitkan dengan kalimat "Membangun manusia Indonesia Seutuhnya"

 

PEMBINA KETERTIBAN



 KOORDINATOR
 - Drs. R. Jarot Togen
 ANGGOTA Pembina Kelas 7
  - Mustaji, S.Pd)
  - Sri Hastuti W, S.Pd
  Pembina Kelas 9
  - Herlambang, S.Pd
  - Yayuk Nuningtyas, S.Pd
  Pembina Kelas 9
  - Suyono
  - Dra. Sukarni
ADMINISTRASI
 - Wido Rustiarini, ST

Dibantu Pengurus OSIS dari Seksi Bidang C






 

 

 

 

 
Design by Tim PUSKOM SMPN 1 Babat & Feedback © 2008 | Powered by Joomla! released under the GNU/GPL License